Selasa, 19 Juni 2012

konsisten dalam organisasi

assalamualaikum wr.wb
dalam kehidupan berorganisasi yang namanya konsistensi sangat diperlukan untuk menjalani roda organisasi atau bahkan meningkatkan produktivitas organisasi tersebut. pertanyaan nya bagaimana agar kita bisa terus konsisten dalam mengikuti aktivitas organisasi, karena banyak juga orang-orang yang berguguran di jalan organisasi, hemat saya kita harus terus terlibat dalam pertemuan-pertemuan sekecil apapun bukan hanya terlibat dalam acara besar, dan kita harus menjaga kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan oleh organisasi tersebut untuk ketahanan SDM yang ada didalamya.
konsisten dalam bahasa langitnya adalah Istiqomah. dalam Q.S Ali Imran 113-115 disebutkan bahwa untuk menjaga istiqomah dan senantiasa berada pada jalan yang lurus kita perlu melakukan hal-hal tertentu seperti banyak bertilawah dan sujud di malam hari. sebab orang-orang yang berada pada jalan yang lurus adalah orang-orang yang senantiasa dari waktu ke waktu melakukan tazkiyatun nafs (mensucikan jiwa), karena kualifikasi untuk berada pada jalan yang lurus adalah orang memilki jiwa yang bersih dan kuat. 
sujud di malam hari untuk membangun daya pengaruh kita bagi lingkungan di sekitar dan membangun kebermanfaatan ilmu dan kepribadian kita. karena orang yang bisa sujud di malam hari adalah orang yang memiliki kemauan yang kuat dan insya alloh akan memilki daya nalar yang tinggi. 
kita mengenal ada yang disebut hukum kelembaman, yang berbunyi jika salah satu benda bergerak maka akan terus bergerak sebaliknya jika benda itu diam maka akan cenderung diam terus. logika ini saya akan analogikan dalam perintah untuk melakukan sujud di malam hari. orang-orang yang mampu sujud di malam hari adalah mereka yang sudah konsisten dalam melakukan solat lima waktu berjamaah di masjid, maka konsekuensi logis dari amalan itu adalah dia akan terus melakukan amalan yang lebih baik lagi, dia tidak akan merasa cukup dengan amalan yang sudah dilakukan, akan terus bergerak pada amalan selanjutnya.
poin ketiga, bagaimana agar kita bisa istiqomah pada jalan yang lurus adalah kita senantiasa melakukan amar ma'ruf nahi munkar (berdakwah), selalu mengajak seseorang untuk melakukan kebaikan. prinsip nya perbaiki diri dan serulah orang lain, tidak hanya soleh secara pribadi tetapi juga terus berupaya untuk menciptakan soleh sosial.
semoga kita senantiasa menjaga ketiga hal tersebut agar bisa istiqomah pada jalan yang lurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar